VISI, MISI, TUJUAN & STRATEGI

Jurusan / Program Studi Planologi

Menjadi jurusan yang unggul dalam pembelajaran perencanaan wilayah dan kota yang berkelanjutan (sustainable regional & urban planning) serta menjadi mitra masyarakat dalam pembangunan di wilayah Indonesia Timur 2025.

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing di bidang perencanaan wilayah dan kota dengan meningkatkan mutu pendidikan dan kesesuaian keilmuan dengan karakteristik wilayah Papua.
  2. Melaksanakan penelitian dan menghasilkan pengetahuan di bidang perencanaan dengan menciptakan lingkungan, sarana dan prasarana yang berkelanjutan.
  3. Memberikan sumbangsih keilmuan dengan pengabdian kepada masyarakat pada bidang perencanaan dengan memperluas ruang lingkup jejaring kerjasama.
  1. Tercapainya Visi program studi Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih.
  2. Tercapainya Misi program studi Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih.
  3. Tercapainya Tujuan program studi Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Cenderawasih.
  1. Memiliki Rencana Strategi dan Program Kerja 2019/2020-2023/2024
  2. Memiliki kurikulum berbasis kompetensi yang memuat konsep pembangunan berkelanjutan (Pilar Ekologi, Sosial dan Budaya, Ekonomi). Hal ini dapat dilihat pada beberapa mata kuliah sebagai contoh: Sumber Daya Alam dan Lingkungan (Ekologi); Etnografi Papua (Sosial dan Budaya); Ekonomi Wilayah dan Kota (Ekonomi).
  3. Memiliki mata kuliah yang berkaitan dengan konsep-konsep kemasyarakatan, yaitu: Pengembangan Masyarakat; Perencanaan Kampung; Perencanaan Kawasan Pesisir; Kemiskinan, Kebijakan Publik dan Konflik.
  4. Penerapan mata kuliah yang berkaitan dengan kemitraan masyarakat, yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN). Contohnya pada tahun 2021,2022 dan 2023 setekah pandemic Covd 19 berlalu mahasiswa melakukan kegiatan KKN yang di naungi oleh LPPM dan Program studi pada kabupaten Keerom, Kabupaten jayapura dan Kabupaten Sarmi.
  5. Penerapan mata kuliah yang berkaitan dengan implementasi keilmuan perencanaan yang memiliki dampak terhadap masyarakat. Contohnya Studio Proses Perencanaan, Studio Perencanaan Wilayah, dan Studio Pengembangan Kawasan.
  6. Bekerjasama dengan Institusi Pemerintah maupun Swasta yang berkaitan dengan bidang keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota. Contohnya Praktek Kerja Lapangan pada BAPPEDA, Dinas Pekerjaan Umum, WWF, Econusa, ATR, dan BKSDA.
  7. Menjalin kerjasama dengan internal institusi untuk mengembangkan keterampilan yang berkaitan dengan bidang keilmuan Perencanaan Wilayah dan Kota. Contohnya pelatihan Drone dari Assosiasi Penerbang Drone Indonesia (ABDI) yang memberikan pelatihan untuk Dosen dan mahasiswa dalam foto udara menggunakan drone dan applikasi Software di Prodi PWK Universitas Cenderawasih.
  8. Pemberian tugas besar kepada mahasiswa yang berkaitan dengan karakteristik wilayah Papua. Contohnya mengidentifikasi permukiman tradisional (Mata Kuliah Perencanaan Perumahan dan Permukiman), mengidentifikasi daerah rawan bencana dan mitigasinya (Mata Kuliah Geologi Lingkungan).
  9. Pelaksanaan penelitian mandiri yang berkelanjutan oleh dosen-dosen dan pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian.
  10. Keterlibatan dosen sebagai tenaga ahli dalam bidang perencanaan pada institusi pemerintahan dan non pemerintahan, sebagai contoh dalam Frum Penataaan Tata Ruang (sebagai anggota ASPI) dan juga keterlibatan dalam kegitaan NGO seperti UNICEF, ECONUSA .
  11. Tugas Akhir mahasiswa diarahkan pada bidang Perencanaan Wilayah dan Kota yang berkelanjutan
  12. Dosen melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang sesuai dengan latar belakang keilmuan yang dimiliki dosen masing masing.
  13. Mahasiswa terlibat dalam kegiatan pengelolaan lingkungan. Contohnya pembersihan sampah di Teluk Youtefa tahun dan penanaman Bakau ditahun 2022 dan 2023
  14. Pengiriman dosen untuk melanjutkan kejenjang strata 3 baik dalam negeri maupun luar negeri.
  15. Pelatihan dosen terkait bidang keilmuan.
  16. Sertifikasi dosen dan sertifikasi bidang keilmuan.
  17. Penyusunan kurikulum melibatkan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI).
  18. Melakukan kegiatan penelitian berstandar nasional dan internasional sesuai dengan kode etik penelitian dan Risk
  19. Mengikutsertakan dosen dalam kegiatan seminar/simposium/konferensi baik tingkat nasional dan internasional.
  20. Keterlibatan dosen dalam Forum Discussion Group dengan stakeholder.
  21. Melakukan evaluasi terhadap kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  22. Mengikutsertakan mahasiswa dalam kompetisi yang sesuai bidang Perencanaan Wilayah dan Kota.
  23. Mengikutsertakan mahasiswa dalam pengembangan karir dan kewirausahaan.
  24. Memiliki mata kuliah etika profesi pada semester akhir.